Komponen pada mesin 2 tak

 

mesinsakti.blogspot.com - antara mesin 2 tak dan mesin 4 tak masing-masing ada kelebihan dan ada juga kekurangannya. Dalam hal ini saya akan mengulas sedikit tentang mesin 2 tak, sebab salah satu kelebihan dari mesin 2 tak adalah pada mesin ini bobotnya lebih ringan dari pada mesin 4 tak, itulah sebabnya kenapa mesin 2 tak ini banyak digunakan pada mesin-mesin yang menggunakan mobilitas tenaga manusia seperti mesin pencacah rumput , mesin pelepah kelapa sawit , mesin pemotong kayu. dan mesin-mesin ringan lainnya. Untuk mengenal lebih jauh tentang mesin 2 tak, kita harus tau komponen apa saja yang terdapat di dalam sebuah mesin 2 tak. 

Komponen pada mesin 2 tak
Komponen pada mesin 2 tak


Komponen pada mesin 2 tak 

Busi / spark plug
Busi adalah salah satu komponen pada mesin 2 tak, komponen ini berfungsi sebagai pemercik api, dikala di ruang silinder, terdapat bahan bakar dan udara yang telah dikompresi dan mempunyai suhu tinggi , disaat itulah sebuah nyala api dipercikkan oleh spark plug ini , sehingga di ruang silinder terjadi ledakan atau pembakaran. Akibat dari ledakan itulah menyebabkan piston terdorong dari TMA bergerak menuju ke TMB.

Kepala silinder
Ini merupakan komponen pada mesin 2 tak yang terbuat dari logam campuran, dimana ia terbuat dari bahan yang di buat tahan panas. Di kepala silinder inilah busi di pasang.  kepala silinder ini terletap di bagian paling atas dari sebuah blok mesin.

Combustion chamber / ruang silinder
Pada mesin 2 tak ini , campuran bahan bakar dan udara yang dikabutkan akan dikompress di dalam ruang silinder ini. disaat kompresi pada puncaknya maka sebuah percikan api yang berasal dari busi dipercikkan sehingga di dalam ruang silinder inilah akan terjadi ledakan.

Piston
Piston ini juga merupakan komponen pada mesin 2 tak, alat ini juga terbuat dari logam tahan panas, tugas utama dari piston ini adalah untuk mengompress campuran bahan bakar yang sudah bercampur dengan udara dikompress di dalam ruang silinder. Untuk mengatasi kebocoran saat piston ini mengompress udara maka alat ini dilengkapi dengan sebuah cincin yang disebut ring piston.

Connecting rod
komponen pada mesin 2 tak selanjutnya adalah connecting rod, alat ini berfungsi  sebagai penghubung antara piston dengan crankshaft , ia sebagai penghubung antara gerakan piston yang naik turun untuk diubah menjadi gerakan berputar.

 Crankshaft
komponen pada mesin 2 tak yang dinamakan crankshaft ini bertugas sebagai pengubah gerakan piston naik turun diubah menjadi  gerakan berputar.

Transfer port

ini adalah sebuah jalur atau ruangan kosong sebagai saluran  bahan bakar yang bercampur dengan udara , yang tadinya berada di ruang crankcase dipindahkan menuju ke ruang silinder. gerakan bahan bakar tersebut akibat desakan dari piston yang bergerak dari TMA menuju ke TMB
 
Sumber : http://mesinsakti.blogspot.co.id/2015/05/komponen-pada-mesin-2-tak.html

 


0 komentar: